Studi Dinamika Bakteri Dan Kualitas Air Selama Proses Awal Bioflok

Andi Kurniawan, Citra Satrya Utama Dewi

Abstract


Bioflok adalah teknologi yang relatif baru dibidang akuakultur. Kelemahan dari teknologi ini adalah dibutuhkannya perlakuan awal yang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Hal ini pada akhirnya menurunkan efisiensi dan masa tunggu untuk produksi ikan. Pada penelitian ibni ditujukan untuk meganalisis dinamika kualitas air dan bakteri yang akan digunakan sebagai dasar untuk pembuatan teknologi rapid bioflok. Penelitian dilakukan dengan mengisi kolam dan mengidentifikasi perubahan kualitas air secara fisika, kimia dan biologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa parameter sidika kimia (DO, suhu, pH, kecerahan, warna air) tidak menunjukkan perubahan yang signifikan selama sebelas hari. Sedangkan bakteri yang dominan adalah bakteri genus Bacillus, Lactobacillus dan Nitrosomonas. Hal ini menunjukkan bahwa awal pembentukan biofilm ditandai dengan dominasi ketiga bakteri tersebut.


Keywords


bioflok, kualitas air, fisika, kimia, biologi

References


Anggika, W. 2010. Pengaruh probiotik terhadap total bakteri pada media pemeliharaan, kualitas air dan

kelangsungan hidup ikan koi (Cyprinus carpio L). Skripsi Universitas Sriwijaya (tidakdipublikasikan).

Damongilala. L. J. 2009. Kadar air dan total bakteri pada ikan roa (Hemirhampus sp) asap dengan metode pencucian bahan baku berbeda. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan FPIK UNSRAT, Manado. Jurnal Ilmiah Sains Vol. 9 (2): 190-198.

Effendie, M.I. 1979. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara. Bogor.

Hanafiah, K A. 2004. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Jakarta.

Boyd CE (1998) Pond water aerations systems. Journal of Aquaculture Engineering 18: 9-20.

Hanifah, T. A., C. Jose dan T. T. Nugroho. 2001. Pengolahan limbah cair tapioka dengan teknologi EM (Effective Microorganism). Jurnal Natur Indonesia III (2) : 95-103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of Innovation and Applied Technology