Pemanfaatan Ampas Kedelai Sebagai Produk Pangan Dengan Nilai Tambah Ekonomis Di Ukm Susu Kedelai. Kota Batu

Riska Septifani

Abstract


Proses produksi susu kedelai menyisakan ampas kedelai yangbelum termanfaatkan dengan baik. Ampas kedelai merupakan hasil samping dari pengolahan tahu dan susu kedelai. Ampas tersebut diperoleh dari proses pengepresan yang menghasilkan sari kedelai. UKM susu kedelai biasanya menjual ampas ini kepada pihak lain untuk diolah menjadi pakan ternak. Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UKM mengenai pengolahan ampas kedelai menjadi produk nugget dan brownies ampas kedelai. Kedua produk ini bergizi tinggi dan marketable, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM selain dari penjualan susu kedelai. Kegiatan ini dilaksanaan melalui beberapa metode, yaitu brainstorming, praktek, penyuluhan, bimbingan teknis dan pendampingan.  Hasil olahan ampas kedelai yang dipraktekkan yaitu nugget dan brownies dari ampas tahu. Nugget dan brownies yang diolah dari ampas tahu masih mengandung protein dan lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

Keywords


ampas kedelai, nugget, brownies

References


Damardjati, D. S., Marwoto, D. K. S. Swastika D. M. Arsyad, dan Y. Hilman. 2005. Prospek dan Arah pengembangan Agribisnis Kedelai. Badan Litbang Pertanian, Departemen Pertanian. Jakarta.

Koswara, S. 1997. Susu Kedelai Tidak Kalah dengan Susu Sapi. http://www.indomedia.com/intisari/diet

Mahfudz, L.D., W.Sarengat dan B. Srigandono. 2000. Penggunaan ampas tahu sebagai bahan penyusun ransum ayam broiler. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Peternakan Lokal. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Masturi, A., Lestari dan R. Sukadarwati. 1992. Pemanfaatan Limbah Padat Industri Tahu Untuk Pembuatan Isolasi Protein. Balai Penelitian dan Pengembangan Industri. Departemen Perindustrian. Semarang.

Rahmawaty, S., Kurnia, P. 2009. Pembuatan Kecap dan Cookies Ampas Tahu sebagai Upaya Peningkatan Potensi Masyarakat di Sentra Industri Tahu, Kampung Krajan, Mojosongo, Surakarta. Warta, 12(1): 1-2.

Santoso, Soegoeng dan Anne Lies Ranti. 2009. Kesehatan dan Gizi. Rineka Cipta. Jakarta.

Suhartini, S, dan Nur Hidayat. 2005. Olahan Ikan Segar. Trubus Agrisarana. Surabaya.

Yulianis, N. 2004. Pemanfaatan Tepung Ampas Tahu dalam Pembuatan Minuman Fermentasi Probiotik Dengan Starter Lactobacillus casei. Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Yustina, I. 2011. Pemanfaatan ampas pengolahan Kedelai dalam Pembuatan Rengginang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of Innovation and Applied Technology