Pendampingan Kegiatan Monitoring Kualitas Air Pada Pembudidaya Udang Vaname di Kabupaten Probolinggo

Asus Maizar Suryanto Hertika, Yuni Kilawati Kilawati, Sisca Fajriani, Zahrotur Rosyidah, Dini Anggraini, Iswati Iswati, Devi Rahmania Nureka Wasti, Aprillia Mifthakun Ni’mah Mifthakun Ni’mah Ni’mah, Ilham Afandy Afandy, Punto Apri Sembodo, Hafish Gigih Purnama

Abstract


Mitra pada kegiatan Doktor Mengabdi (DM) ini adalah petambak udang dari Desa Gending dan Desa Talang Kabupaten Probolinggo. Permasalahan yang dialami kedua mitra adalah kurangnya pengetahuan pembudidaya dalam mengelola kualitas air sehingga berdampak munculnya berbagai penyakit . Kegiatan pengabdian masyarakat Doktor Mengabdi (DM) LPPM UB akan menawarkan solusi dari permasalahan tersebut melalui kegiatan penyuluhan dan pendampingan serta hibah alat. Kegiatan ini melibatkan delapan mahasiswa yang melakukan pengukuran kualitas air serta pengontrolan penyakit yang berada di tambak udang vaname pada masing-masing mitra. Kegiatan lainnya pada DM ini adalah dilakukan monitoring serta evaluasi dari kegiatan yang telah terlaksana. Hasil dari kegiatan pada kedua mitra telah secara rutin melakukan pengontrolan kualitas air menggunakan alat yang dihibahkan. Mereka menyampaikan sangat terbantu dengan kegiatan DM karena mereka sudah dapat memantau kualitas air dengan baik dan serangan penyakit dapat dicegah sehingga akan mendukung peningkatan produksi udang pada kedua mitra.

 


Keywords


Kualitas air, Penyakit udang, Peningkatan produksi.

References


Arsad, S., A. Afandy, A. P. Purwadhi, B. Maya, Saputra dan N. R. Buwono. 2017. Studi kegiatan budidaya pembesaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan penerapan sistem pemelihara berbeda. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 9(1): 1-14.

Davis C.C. 1955. The Marine and Fresh Water Plankton. Michigan State university Press. Pp 54-8843.

Dede, H., R. Aryawati dan G. Diansyah. 2014. Evaluasi tingkat kesesuaian kualitas air tambak udang berdasarkan produktivitas primer PT. Tirta Bumi Nirbaya Teluk Hurun Lampung Selatan (studi kasus). Maspari Journal. 6(1): 32-38.

Hendrawati., T. H. Prihadi dan N. N. Rohmah. 2017. Analisis kadar phosfat dan N-nitrogen (ammonia, nitrat, nitrit) pada tambak air payau akibat rembesan lumpur lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. 1-9.

KepMen KKP. No. 28 tahun 2004. Pedoman umum budidaya udang di tambak. Jakarta. Hal.26.

Kilawati, Y dan Y. Maimunah. 2015. Kualitas lingkungan tambak intensif Litopenaeus vannamei dalam kaitannya dengan prevalansi penyakit white spot syndrom virus. Research Journal Of Life Science. 2(1): 50-59.

Komarawidjaja, W. 2006. Pengaruh perbedaan dosis oksigen terlarut (DO) pada degradasi ammonium kolam kajian budidaya udang. Jurnal Hidrosfir. 1(1): 32-37.

Kordi, K. M. G. H. dan A. B. Tancung. 2005. Pengelolaan Kualitas Air Jakarta: PT. Rhineka Cipta:

Kurniawan, A dan H. Nurwasito. 2019. Sistem monitoring pH dan suhu air pada tambak udang menggunakan protocol websocket. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(4): 3174-3181.

Odum, E.P. 1998. Dasar-dasar Ekologi. Alih Bahasa: Samingan, T dan B. Srigandono. Edisi Ketiga Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta. 824 hlm.

Pasongli, H., G. D. Dirawan, Suprapta. 2015. Zonasi kesesuaian tambak untuk pengembangan budidaya udang vaname (Penaeus vannamei) pada aspek kualitas air di Desa Todowangi Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Bioedukasi. 3(2): 324-335.

Persada, P. R. G., I. W. Restu dan A. H. W. Sari. 2018. Struktur komunitas fitoplankton di area keramba jarring apung Danau Buyan Kecamatan Sukasada, Buleleng, Propinsi Bali. Jurnal Metamorfosa. 5(2): 151-158.

Prescot G. W. 1979. The Fresh Water Algae. Michigan State University. Pp. 1-210

Purnamasari, I., D. Purnama dan M. A. F. Utami. 2017. Pertumbuhan udang vanname (Litopenaeus vannamei) di tambak intensif. Jurnal Anggano. 2(1): 58-67.

Putra, R. P dan A. Manan. 2014. Monitoring kualitas air pada tambak pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) di Situbondo, Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 6(2): 137-141.

Romadhona, B., B. Yulianto dan Sudarno. 2016. Fluktuasi kandungan ammonia dan beban cemaran lingkungan tambak udang vaname intensif dengan teknik panen parsial dan panen total. Jurnal Saintek Perikanan. 11(2): 84-93.

Santosa, M. B dan D. Wiharyanto. 2013. Studi kualitas air di lingkungan perairan tambak adopsi better management practices (BMP) pada siklus budidaya di Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan Propinsi Kalimantan Utara. Jurnal Harpodon Borneo. 6(1): 49-55.

Sirait, M., F.Rahmatia dan Pattulloh. 2018. Komparasi Indeks Keanekaragaman dan Indeks Dominasi Fitoplankton di Sungai Ciliwung Jakarta. Jurnal Kelautan. 11(1): 75-79.

Suwarsih., Marosoedi, N. Harahab dan M. Mahmudi. 2016. Kondisi kualitas air pada budidaya udang ditambak wilayah pesisir Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Kelautan. 138-143.

Syafaat, M. N., A. Mansyur dan S. Tonnek. 2012. Dinamika kualitas air pada budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) semi-intensif dengan teknik pergiliran pakan. Prosiding Indoaqua. 487-493.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Innovation and Applied Technology