Analisis Dampak Penyebaran COVID-19 Terhadap Daya Beli Konsumen Berbasis Digital Platform. (Studi Kasus Mitra Go-Food, Gojek Region Malang)

L. Tri Wijaya Nata Kusuma, Debrina P. Andriani, Debrina P. Andriani, Amanda Nur Cahyawati, Amanda Nur Cahyawati, Raditya A. W.

Abstract


Evolusi virus Covid-19 dan dampak ekonominya yang tidak pasti menyulitkan untuk merumuskan respons kebijakan ekonomi yang tepat. Termasuk aktivitas perdagangan online kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Fitur aplikasi delivery online akan sangat berdampak. Salah satu fiturnya adalah pemesanan dan pengiriman makanan, Go-Food, sebagai perantara antara restoran, pengemudi, dan konsumen. Bukti ini mendukung pentingnya konsumsi Go-Food sebagai aplikasi mobile pemesanan makanan di Indonesia di masa pandemi. Namun,  hanya beberapa riset yang menganalisis perilaku konsumen Indonesia dalam mengadopsi teknologi ini akibat dampak penyebaran Covid-19. Penelitian ini meyakini pentingnya memperhatikan pemetaan pola tingkat konsumsi masyarakat memandang teknologi aplikasi Go-Food dan korelasinya terhadap dampak dari kebijakan social distancing.  Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang akan bermanfaat tidak hanya untuk tujuan akademis dan teoritis melalui analisis yang kami lakukan, tetapi juga memberikan kontribusi kepada praktisi untuk meningkatkan manajemen logistik mereka dan memahami pasar mereka terutama di Indonesia selama masa pandemi.


Keywords


Covid-19, Digital Platform, Go-Food, Korelasi Linier

References


Alwi, Hasan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Analytics, New Technology, and Proactive Testing. JAMA. Published online March 03, 2020. doi:10.1001/jama.2020.3151

Bachtiar, H. A. 2009. Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Konsumen Menggunakan Internet Untuk Melakukan Belanja Online Kembali Di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Dolnicar, Sara, and Samira Zare. 2020. “CORONAVIRUS AND AIRBNB – Disrupting the Disruptor.” SocArXiv. March 18. doi:10.31235/osf.io/t9n6q.

Griffin, Ricky W. 2005. Fundamental of Management. 4th Houghton Mifflin Company

Harinaldi. 2005. Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains. Jakarta: Erlangga

Irmawati, Dewi. 2011. PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 2085-1375. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Kinasih, B. S., & Albari, A. 2012. Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. 2000. Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Nuraini, N., Khairudin, K., & Apri, M. 2020. Data dan Simulasi COVID-19 dipandang dari Pendekatan Model Matematika. KK Matematika dan Keuangan FMIPA ITB.

Van Doremalen, Neeltje, et al. 2020. "Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1." New England Journal of Medicine. March 24.

Varmaat, Shelly Cashman, 2007, Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3, Salemba Infotek, Jakarta.

Wang CJ, Ng CY, Brook RH. 2020. Response to COVID-19 in Taiwan: Big Data

Yuliana, Y. 2020. Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187-192




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2021.006.02.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Innovation and Applied Technology