Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Q-Zulal Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Anang Sujoko, fariza yuniar rakhmawati, Akhmad Muwafik Saleh, Misbahuddin Azzuhri

Abstract


Program ini dilandasi potensi usaha Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Q-Zulal yang dikelola Pondok Pesantren Nurul Haromain Kabupaten Malang.  Kendala pemasaran menjadi halangan produk Q-Zulal untuk dikonsumsi target segmen secara optimal. Pemasaran bertujuan untuk menumbuhkan relasi antara produk Q-Zulal dengan konsumen yang bertujuan mempertahankan pangsa pasar. Pemasaran dapat menciptakan dampak yang luar biasa jika dipadukan dengan komunikasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu perancangan strategi komunikasi pemasaran penting dilakukan. Pada era Industri 4.0 pemasaran bergerak pada marketing 4.0 yang menggabungkan interaksi perusahaan dengan pelanggan secara online dan offline.  Relasi yang humanis dengan pelanggan akan memperkuat customer engagement. Perumusan strategi komunikasi pemasaran terpadu produk Q-Zulal dilakukan melalui segmenting, targeting, dan positioning, analisis situasi dan analisis SWOT, kemudian perancangan alat promosi yang memadukan media tradisional dan media online.

Keywords


Strategi Komunikasi, Pemasaran, Pesantren, Pemberdayaan

References


Arthur, L. (2013). Big data marketing: Engage your customers more effectively and drive value. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Dacko, S. G. (2008). The advanced dictionary of marketing: Putting theory to use. United States: Oxford University Press Inc.

Dolge, L & Marmbrandt, M. (2012). Creating brand awareness through event marketing (Masters thesis, Malardalen University, Sweden). Diakses dari https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:564035/FULLTEXT01.pdf

Doole, I. & Lowe, R. (2005). Strategic marketing decisions in global markets. London: Thomson Learning

Groeger, L. & Buttle, F. A. (2014). Word of mouth marketing influence on offline and online communications: Evidence from case study research. Journal of Marketing Communications, 1-26.

Kotler, P. (2003). Marketing insights from a to z: 80 Concepts every manager needs to know. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Lamb, C.W., Hair, J.F., McDaniel, C. (2008). Marketing, 9e. USA: Thomson South Western.

O’Guinn, T. C., Allen, C. T., Semenik, R. J. (2009). Advertising and integrated brand promotion (5th ed. ). USA: South Western Cengage Learning

Solomon, M., Hughes, A., Chitty, B., Marshall, G., Stuart, E. (2014). Marketing: Real people, real choices (3rd ed.). Australia: Pearson Australia Group.

Ferrel, O.C. & Hartline, M. D. (2010). Marketing strategy (5th ed.). USA: South Western Cengage Learning

Kotler, P., Kartajaya, H. & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Kramer, L. & Fowler, P. (2010). Marketing guidebook for small airports. Washington D.C: Airport Cooperative Research Program

Prasetyo, B. D., dkk. (2018). Komunikasi pemasaran terpadu (pendekatan tradisional hingga era media baru). Malang: UB Press

Pride, W. M. & Ferrell, O.C. (2010). Marketing. USA: South Western Cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/2020.006.01.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Innovation and Applied Technology