Pemberdayaan Warga Dusun Sumberwangi Melalui Inisiasi Batik Motif Kawung Kencana Wungu Sebagai Pakaian Dinas Karyawati Universitas Brawijaya

Danang Ariyanto

Abstract


Pada tahun 2020 melalui program Doktor Mengabdi, Batara berhasil menciptakan motif batik kawung Kencana Wungu yang dapat digunakan sebagai materi pakaian dinas karyawati Universitas Brawijaya. Motif kawung kencana wungu merupakan perpaduan antara motif kawung dengan motif kencana wungu. Pada tahap penciptaan motif utama batik Kawung Kencana Wungu, proses stilisasi (penggayaan) bentuk menjadi penting karena hakikat motif batik adalah penyederhanaan bentuk dan simbolis, tanpa meninggalkan kaidah artistik dan estetikanya. Eksplorasi bentuk motif utama didapatkan dari bentuk stilisasi makuta (mahkota kepala) Ratu Kencana Wungu dan mahkota bunga Kencana Wungu yang berjumlah lima lembar. Pengaplikasian motif batik kawung kencana wungu ini dengan memberdayakan warga Dusun Sumberwangi dengan harapan tentunya akan meningkatkan ketrampilan para pengrajin batik yang masih tergolong baru.


Keywords


Brawijaya, Kawung, Kencana Wungu Batik, Seragam, BATARA, Sumberwangi

References


Dullah, Santosa. 2002. Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo.

Iskandar dan Kustiyah, E. 2017. Batik sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Gema, Thn XXX/51/Agustus 2016-Januari 2017.

Koeswadji K., 1981, Mengenal Seni Batik di Yogyakarta, Proyek Pengembangan Permuseuman, Yogyakarta.

Oktadian, D. 2018. Interaksi Masyarakat yang Tinggal di Kawasan UB Forest dalam Penggunaan Lahan Hutan. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Parmono, K. 2013. Nilai Kearifan Lokal dalam Batik Tradisional Kawung. Jurnal Filsafat, Vol. 23, No. 2.

Wikimapia.org / 38467588 / Desa- Sumberwangi-Karangploso-Kabupaten-Malang. Diakses, tanggal 18 November 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Innovation and Applied Technology