Identifikasi Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Fraud Pentagon (Studi Empiris Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Anisya Sukmawati

Abstract


Kecurangan laporan keuangan merupakan permasalahan yang masih menjadi tema hangat untuk diperbincangkan, terlebih dengan mencuatnya kasus manipulasi laporan keuangan yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Tindakan fraud pada laporan keuangan saat ini semakin meningkat. Dampak dari tindakan tersebut tidak hanya dirasakan oleh para investor secara individual namun juga berdampak terhadap stabilitas ekonomi secara global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi kecurangan laporan keuangan dengan menggunakan teori fraud pentagon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa go public yang terdaftar di BEI dengan menggunakan data tahun 2019. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, dimana pengolahannya dibantu oleh program SPSS 21. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa competence, pressure dan opportunity berpengaruh terhadap fraud, sedangkan rationalization dan arrogance tidak berpengaruh terhadap fraud pada laporan keuangan.


Keywords


Fraud Pentagon, Kecurangan, Kecurangan Laporan Keuangan

References


Albrecht, S.W, Albrecht C. O, Albrecht C. C. , and Zimbelman M. F. 2011. Fraud Examination Fourth Edition. New York: South-Western Cengage Learning.

Aprilia. 2018. "Analisis Pengaruh Fraud Pentagon terhadap Kecurangan Laporan Keuangan dengan Menggunakan Beneish Model pada Perusahaan yang Menerapkan Asean Corporate Governace Scorecard." Jurnal Aset (Akuntansi Riset) Vol. 9 No. 1 pp. 101-132.

Aprillia, O Cicilia, and R. P Sergius. 2015. "The Effectiveness of Fraud Triangle on Detecting Fraudulent Financial Statement: Using Beneish Model and the Case of Special Companies." Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan 836–850.

Listyawati, Ika. 2016. "Analisis Faktor yang Mempengaruhi Financial Statement Fraud." Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers(Sendi_U) Ke-2 (Prosiding Seminar) pp. 659–665.

Marks, Jonathan. 2012. "The Mind Behind the Fraudsters Crime: Key Behavioral and Environmental Elements." Crowe Horwarth LLP.

Sihombing, and Rahardjo. 2014. "Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun (BEI) Tahun 2010 - 2012." Diponegoro Journal of Accounting 3(2), 1-12.

Vassiljev, M, and L Alver. 2016. "Concept and Periodisation of Fraud Models: Theoretical Review. 5th International Conference on Accounting." Auditing, and Taxation (ICAAT 2016) CONCEPT 473-480.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2021.006.02.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Innovation and Applied Technology