Strengthening The Marketing Network Of Sumberwangi Village Batik Derivative Products Through Online Marketing And Expo

Ni Wayan Surya Wardhani, Romi Setiawan, Redi Bintarto, Yana Shanti Manipuspika, Danang Ariyanto, Dian Cahya Cahya Rini

Abstract


Program doktor mengabdi dilaksanakan di Dusun Sumberwangi, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Tujuan dari kegiatan doktor mengabdi ini adalah untuk mengembangkan dan memperkuat jejaring pemasaran produk turunan batik melalui pemasaran online dan kegiatan expo. Kelompok batik Dusun Sumberwangi memiliki permasalahan yaitu permintaan produk turunan batik yang masih stagnan dan belum adanya penerapan pemasaran produk. Berdasarkan hasil diskusi antara tim doktor mengabdi dapat diindikasikan bahwa kelompok batik belum memaksimalkan kegiatan promosi untuk memasarkan produk turunan batik. Metode yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kelompok batik Dusun Sumberwangi yaitu dilakukan pendampingan untuk kegiatan promosi dan mendaftarkan serta memasarkan produk-produk turunan batik melalui media online serta mengikuti kegiatan expo. Luaran dari kegiatan ini adalah produk turunan batik Dusun Sumberwangi semakin dikenal oleh masyarakat umum, kelompok batik Sumberwangi mampu mengelola berbagai metode promosi berbasis online dan mampu memanfaatkannya untuk peningkatan penjualan dan produksi produk turunan batik.

Keywords


Batik, Brawijaya, Online, Pemasaran, Sumberwangi.

References


Cesaroni FM and Consoli D. (2015). “Are Small Businesses Really Able to Take Advantage of Social Media?” The Electronic Journal of Knowledge Management Volume 13 Issue 4, pp. 257-268.

Dullah, Santosa. 2002. Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo.

Iskandar dan Kustiyah, E. 2017. Batik sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Gema, Thn XXX/51/Agustus 2016-Januari 2017.

Kartajaya, H. 2009. New Wave Marketing, The World is Still Round The Market is Already Flat. Jakarta. Gramedia.

Kumar., Prem, Vikas Kumar, dan Jitendra Mishra. (2015). A prospective study on online marketing of Small and Medium enterprises (SMEs) of services sector in India. International Journal of Applied Research 2015; 1(9). Page. 910-914.

Kurniawati, D., dan Arifin, N. 2015. Strategi Pemasaran melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, Vol. 1, No. 2.

Oktadiani, D. 2018. Interaksi Masyarakat yang Tinggal di Kawasan UB Forest dalam Penggunaan Lahan Hutan. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Wikimapia.org/38467588/Desa-

Sumberwangi-Karangploso-Kabupaten-Malang. Diakses, tanggal 14 Oktober 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2022.008.01.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.