Upaya Pengembangan Desa Wisata Punten Pasca Dibentuknya Kelompok Sadar Wisata Di Desa Punten Kota Batu

Esti Junining

Abstract


Pandemic Covid-19 rupanya bisa dijadikan masa pengembangan dan persiapan potensi desa wisata, baik dari segi SDM hingga pengolahan produk. Penggerak wisata atau kelompok desa wisata dapat memanfaatkan masa pandemic untuk melakukan pendekatan studi strategi. Metode praktikum dipilih dalam melakukan pendekatan ketika melakukan pelatihan. Pengabdian ini membahas bagaimana masyarakat Desa Wisata Punten mampu memberikan pelayanan prima, mampu membukukan keuangan dengan apik, meningkatkan layanan produk hasil pertanian, serta menghasilkan branding untuk produk baru yang dihasilkan oleh POKDARWIS Punten.


Keywords


Pengembangan desa wisata, kelompok sadar wisata, Kota Batu

References


Arifitama, B. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MODEL 3D ALAT PERAGA EDUKASI HIDROLOGI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK GURU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(May), 110–117. https://media.neliti.com/media/publications/317905-pelatihan-pembuatan-model-3d-alat-peraga-5fbe387e.pdf

Devi, L. Y., & Hidayati, W. (2019). Pembuatan Profil Desa Gerbosari. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 445–454.

Rahim, F. (2012). Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata Di Destinasi Pariwisata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.