Perancangan Zona Hisap Madu Hutan Pelawan Dan Produk Madu Sachet Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Dan Layanan

Oke Oktavianty, Esti Junining, Sri Suhartini, Sugiono Sugiono, Effendi bin Mohamad, Yudi Setiawan

Abstract


Hutan Pelawan yang berlokasi di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi yang sangat besar sebagai hutan kehayati yang juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana wisata edukasi dan sebagainya. Salah satu andalan dan daya Tarik hutan ini adalah wisata menghisap madu secara langsung dari sarang lebah. Sayangnya, lokasi dan fasilitas yang ada sebelumnya sangat tidak kondusif. Selain itu, produk madu yang dimiliki hanya memiliki varian madu botol ukuran 300 ml yang pemasarannya masih belum maksimal. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pelaksana melakukan perancangan dan pembuatan zona hisap madu untuk meningkatkan daya Tarik pengunjung. Selain itu, tim pelaksana juga membuat rancangan dan prototype madu sachet Pelawan sebagai upaya diversifikasi produk dan memperluas target pasar madu Pelawan.


References


. Enggiwanto, S. dkk, Ekstraksi Daun Pelawan (Tristaniopsis Merguensis) sebagai Antioksidan Menggunakan Microwave Assisted Extraction (MAE), Indonesian Journal of Pure and Applied Chemistry, Vol. 1 no. 2 hal. 50-55, 2018

. Al Kadri, dkk, Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Daun Pelawan (Tristaniopsis Obovate. Benn) dengan Metode Penangkapan Radikal Bebas 2,2’- Difenil-1-Pikrilhidrazil, Journal of Current Pharmaceutical Sciences, Vol. 2 No. 2, 2019.

. Pertiwi, A.P., Potensi Antibakteri Ekstrak Daun Pelawan Merah (Tristaniopsis Merguensis Griff.), Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang, Vol. 7, No.1, 2019

. Roasnica, O., dkk, Total Fenolik dan Kapasitas Antioksidan dari Ekstrak Aseton Daun Tristaniopsis merguensis, Stannum : Jurnal Sains dan Terapan Kimia, 1 (1) hal. 10-13, 2019

. Khuong, M.N and Hong, T.M., The Impact of Product Packaging Design on Consumer Repurchase Intention — A Study of VinaMilk, Vietnam, International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 7, No. 5, pp 219-223, 2016

. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Jilid I. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

. Maffei, N.P and Schifferstein, H.N.J, Perspectives on food packaging design, International Journal of Food Design, Volume 2 Number 2, pp 139-152, 2017

. Mohebbi, B., The art of packaging: An investigation intothe role of color in packaging, marketing, and branding, International Journal of Organizational Leadership 3, pp 92-102, 2014

. Wulansari, A.S., Food Product Packaging Design as Marketing Tools in Purchase Decision, Journal of Management and LeadershipVol 2, No. 2, pp 19-30, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2023.009.01.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.