PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETERNAK MELALUI PENINGKATAN PRODUKSI AYAM MENGGUNAKAN VCO (COCONUT VIRGIN OIL) PLUS DAN PRODUK OLAHAN TELUR

Sri Muwarni

Abstract


Abstrak 

Peternakan ayam merupakan usaha yang mempunyai resiko tinggi, karena munculnya berbagai macam penyakit yang dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar. Inovasi baru pencegahan dan pengobatan penyakit dengan pemanfaatan herbal. Herbal yang  banyak diteliti adalah coconut virgin oil (VCO). VCO stabil dalam pemanasan, dan tidak mudah teroksidasi. Manfaat VCO antara lain sebagai antioksidan, antibakteri, antivirus, antijamur, obat cacing, sumber nutrisi, menurunkan kolesterol, mengobati diabetes, memperbaiki penyerapan instestinal terhadap nutrisi, antikanker. Pada ibu hamil dan menyusui, VCO memudahkan bayi menyerap nutrisi, vitamin, mineral dan melindungi bayi dari penyakit infeksi.

Pengabdian IbM ini mengacu hasil penelitian Pradhikta dkk. (2013), bahwa VCO-Plus (VCO + asam amino + multivitamin) yang diberikan selama tiga hari berturut-turut, dosis 1 ml/ kg BB, dapat meningkatkan produksi telur 75 % ayam-ayam yang produksi telurnya sudah menurun 60%. Pada pengabdian IbM dilakukan sosialisasi kepeda peternak: 1) Biosekuriti beternak ayam; 2) Manfaat VCO-Plus.  Peserta ibu-ibu,  diberikan demo pembuatan produk olahan dari telur, sebagai salah satu cara pemanfaatan produk ayam. Selain penyuluhan, diberikan: 1) Buku tentang menejemen pemeliharaan ayam petelur, manfaat VCO-Plus, cara pembuatan VCO, sosis jamur-ayam, chicken nugget sayur-ayam; 2) Produk VCO-Plus untuk diaplikasikan pada ternak ayam; 3) Pada kelompok ibu-ibu, diberikan seperangkat peralatan untuk membuat produk olahan dari telur. Kepada Mitra-1, Mitra-2 dan beberapa peternak diberikan VCO-Plus untuk diaplikasikan pada ayam yang mengalami penurunan produksi dan kualitas telur, dan diberikan pada ayam yang sedang sakit.

Hasil yang diperoleh dari pemberian VCO-Plus selama 3 hari berturut-turut dengan dosis 1 ml/kg BB: 1). Dapat meningkatkan produksi dan kualitas telur dengan produksi optimum dicapai pada hari ke-7/8 dari awal pemberian VCO-Plus; 2). Dapat memperbaiki kondisi tubuh hewan yang sedang sakit.

Dapat disimpulkan, bahwa VCO-Plus mengandung nutrisi, energi, multivitamin, asam amino, antioksidan, antiinflamasi, imunostimulator, antimikroba, sehingga dapat meningkatkan produksi dan kualitas telur, serta dapat memperbaiki kondisi hewan.

 


Keywords


Ayam, VCO-Plus, produk olahan



DOI: http://dx.doi.org/10.21776/jiat.v2i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Innovation and Applied Technology