Optimalisasi Publisitas Amke Sebagai Sarana Peningkatan Jumlah Wisatawan Desa Oro-Oro Ombo Batu Jawa Timur

Susilowati - Susilowati

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak 2020 berdampak pada sektor perekonomian dan pariwisata, tak terkecuali di desa wisata AMKE, Desa Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur. Masyarakat sekitar yang sebagian besar mengandalkan sektor wisata sebagai mata pencaharian merasakan dampak yang mendalam akibat pandemi. Desa wisata AMKE belum lama beroperasi pada tahun 2019 dengan menghabiskan dana yang cukup banyak untuk membuka desa wisata tersebut. Pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia membuat desa wisata ini juga harus tutup sehingga sumber daya manusia yang ada harus dikurangi. Maka dari itu, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) diharapkan dapat membantu sektor pariwisata ini bangkit kembali dengan melakukan publisitas desa wisata AMKE dan memberikan keterampilan baru kepada sumber daya manusia yang ada agar dapat mengelola kembali desa wisata AMKE di masa depan.


Keywords


PandemI, Desa Wisata, P2MD, Desa Wisata

References


Peraturan Daerah Kota Batu No.1 Tahun 2013 Tentang Kepariwisataan




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2023.009.01.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.