Peningkatan Kapabilitas, Dayasaing Dan Teknologi Produksi Kopi Wine Sebagai Produk Unggulan Penyangga Meru Betiri Di Desa Kebonrejo Kec. Kalibaru, Banyuwangi

Wenny Bekti Sunarharum, Siti Asmaul Mustaniroh, Fitria Dina Riana, Devi Farah Azizah

Abstract


Kelompok Kopi “Maharadja Kalibaroe” dan Kelompok Kopi “Makmur Jaya” berlokasi di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi yang merupakan salah satu desa penyangga Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Tujuan kegiatan Doktor Mengabdi (DM) adalah meningkatan kemampuan dan efisiensi proses produksi kopi wine dengan implementasi alih teknologi tepat guna serta penguatan manajemen kelembagaan. Metode kegiatan yang dilakukan adalah brainstorming dan FGD, bimtek dan pendampingan, fasilitasi dan diseminasi alih teknologi produksi, serta monitoring dan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan diantaranya diskusi solusi dan strategi bersama, memberikan inovasi resep produksi kopi dan desain label kemasan, pengelolaan usaha, penyampaian standar GMP dan penyusunan SOP, serta transfer teknologi produksi. Secara umum, kegiatan berjalan lancar dan telah memberikan dampak positif pada mitra kelompok kopi.

Keywords


Doktor Mengabdi, Kopi wine; kapabilitas; TNMB, Banyuwangi

References


Purwanto, Y.A., Kukuh M., dan Sri M.Y. 2015. Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Kopi di Desa Mandiri Energi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1) : 28-34

Nurrochmat, D.R., I.A. Nugroho, Hardjanto, A. Purwadianto, A. Maryusi dan J.T. Erbaugh. 2017. Shifting contestation into cooperation: strategy to incorporate different interest of actors in medicinal plants in Meru Betiri National park, Indonesia. Forest Policy and Economics 83 (2017): 162-168.

Hakim, L., I. Aldianoveri., I.K. Bangsa dan D.A. Guntoro. 2018. Peran dan dampak konflik tenurial kehutanan bagi pengelolaan keanekaragaman hayati di kawasan cagar biosfer di Jawa Timur. Jurnal Hutan Tropis, 6 (1): 43—51.

Zulkarnain, Fazari, N., Widyawati, Bagio, dan Ertika, Y. 2020. Keputusan Konsumen dalam Pembelian Wine Coffee di Na Coffee Banda Aceh. Ekombis, 6(1), 101–110.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2023.009.01.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.