Brand Design in Packaging as Part of the MSME Promotion Strategy in Ranuyoso Village, Ranuyoso District, Lumajang
Abstract
Pertumbuhan UMKM di Indonesia, khususnya di kota-kota kecil masih memiliki beberapa kendala, di antaranya adalah terkait promosi dan pemasaran. Kendala- kendala tersebut yang menjadikan UMKM memiliki kemampuan bersaing yang rendah. Seperti halnya yang dialami oleh UMKM di Desa Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. Salah satu masalah yang terindikasi adalah lemahnya mekanisme promosi dan rendahnya kepedulian atas desain kemasan produk yang dijual. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat yang dijalankan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemberian pemahaman terkait pentingnya branding dalam pemasaran dan perancangan desain merek yang dapat diaplikasikan dalam kemasan produk. Metode pelaksanaan yang digunakan melalui penyuluhan dan pendampingan pembuatan desain kemasan
Keywords
UMKM; Pemasaran; Desain; Branding
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anarnkaporn, Angkana. 2007. Branding as a Competitive Advantage for SMEs.RU International Journal.Vol. 1 No. 1. Pp. 25-36.
Azis, R.A. 2017. Penggunaan Styrofoam pada Kemasan Pangan sebagai Pelanggaran terhadap Hak Konsumen (Studi Kasus pada SD Swasta Unwanus Saadah Jakarta Utara). LexJurnalica. 14 (3) : 171-183.
Darnilawati, D. 2018. Kesiapan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dalam Menghadapi Pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Ekonomi, 26(1), 107- 123. https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/vie w/6083
DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2023.9.2.05
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Applied Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.