Pengembangan Amenitas dan Penguatan Tatakelola Wisata Kuliner Pantai Kondang Merak Kabupaten Malang

Anik Martinah Hariati, Dewa Gede Raka Wiadnya, Condro Puspo Nugroho, Dyah Kinasih Wuragil, Surya Dewa Ramadhan, Buana Insan Kamil, Putri Nur Azizah, Elsa Syafi’ul Umma, Fitri Nur Azizah, Indria Graha Hayuningtyas, Muhammad Dailami

Abstract


Ekowisata pantai merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting di Kawasan Malang Selatan, salah satunya adalah pantai kondang merak. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat strategis ini adalah untuk meningkatkan amenitas berupa pasar tradisional yang menjadi kebutuhan masyarakat kondang merak, meningkatkan tata Kelola wisata kuliner di Kawasan wisata Pantai Kondang Merak. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan 6 mahasiswa dalam kuliah kerja nyata tematik. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan langsung, survey dan wawancara. Pasar yang dibangun memiliki ukuran 8x5 m, dengan tiang terbuat dari kayu dan atap digunakan sebagai tempat meletakkan solar panel untuk sumber energi terbarukan. Pendataan aspek sosial ekonomi di Pantai Kondang merak menunjukkan adanya beberapa hoestay, warung kuliner dan beberapa potensi wisata yang dapat dikunjungi masyarakat. Pengunjung pantai Kondang Merak lebih banyak ditemukan pada weekend dan hari libur daripada pada hari kerja.


Keywords


Kondang merak; wisata kuliner; wisata pantai; Malang selatan

References


. BPS. (2021). Kabupaten Malang Dalam Angka, 550 hal.

. Larsen, P., dan Lewis, A. 2007. How award-winning SMEs manage the barriers to Innovation. Journal Creativity and Innovation, 141-151

. Palupiningtyas, D., & Yulianto, H. (2021). Peningkatan kemampuan penerapan chse bagi pengelola homestay. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2): 539-547.

. Suhenda, M. S., Hirawan, D., Kom, S., Kom, M., No, J. D., & Bandung, C. (2018). Pembangunan perangkat lunak penentuan lokasi perkemahan dan penyewaan alat kemah menggunakan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1.

. Unesco. (2009). “Panduan dasar pelaksanaan ekowisata”. UNESCO Office Jakarta and Regional Bureau for Science in Asia and the Pacific, 32 hal.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2023.009.01.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.