Utilization of Podcasts as Supporting Media for the Digitalization of Kumkm-Tangguh Schools in Batu City

Siti Asmaul Mustaniroh, Nimas Mayang Sabrina Sunyoto, Roni Fransisca, Yossi Hendrawan Saraswanta, Salma Rana Putri, Hasna Alya Halimatus Ghaniyyah, Rafiqamilla Prananta, Nadya Prabaningtias

Abstract


Program Sekolah KUMKM-Tangguh adalah program pendampingan dan pelatihan yang merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh PLUT-KUMKM Kota Batu. Namun, manfaat program ini belum dapat dirasakan oleh KUMKM secara luas. Upaya digitalisasi dengan memanfaatkan platform digital diharapkan mampu memperluas jangkauan Sekolah KUMKM-Tangguh. Tim MF Universtias Brawijaya berperan proaktif dalam inisiasi dan pendampingan kegiatan Digitalisasi Sekolah KUMKM Tangguh. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan analisis keperluan kegiatan Digitalisasi Sekolah KUMKM-Tangguh Kota Batu, melakukan pengadaan sarana pengembangan podcast dan pendampingan pengembangan konten podcast. Kegiatan dilaksanakan selama 6 bulan, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu survei KUMKM, pengadaan alat podcast, pelaksanaan pembuatan podcast dan evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil survei KUMKM, tim MF menyusun rencana kegiatan dan konten digital; melaksanakan pengadaan peralatan podcast dan melakukan pendampingan pengembangan konten podcast. Evaluasi kegiatan dilaksanakan di akhir kegiatan berdasarkan jumlah viewer dan like pada video podcast yang diunggah pada YouTube. 


Keywords


Digitization; marketing; podcast; mentoring; SMEs

References


Hutabarat PM. 2021. Podcast dan personal branding: potensi podcast sebagai media untuk membangun personal brand pelaku umkm dengan pendekatan content marketing. Jurnal Sosial Humaniora Terapan 4(1): 20-27

Lia DAZ, Sudarmiatin, Fitri R. 2021. Social capital: senjata ampuh bagi UMKM dalam menghadapi era new normal. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin 3(1): 30-37

Lia DAZ, dan Fitri R. 2021. Pengembangan keterampilan pembuatan desain kemasan serta pemanfaatan pemasaran digital sebagai strategi bertahan UMKM yang terdaftar pada PLUT K-UMKM Kota Batu. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin 3(3): 35-41

Nasution EY, Indria T. 2021. Digitalisasi UMKM di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan 2(1): 797-805. http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1.8389

Shiona AEY, Perdana MI, Aji DD, Waskito, Lestari FI. 2022. Pemaknaan digitalisasi media pembelajaran menurut guru dan siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. JIHI3S 2(7):677-686

Sutrisno D, Suryono A, Said A. 2016. Perencanaan strategis sektor usaha mikro dalam mengatasi permasalahan pemasaran (studi di dinas koperasi, usaha kecil menengah, perindustrian dan perdagangan Kota Batu). Wacana Journal of Social and Humanity Studies 19(2): 101-11

Yarlina VP, Hunda S. 2021. Strategi perluasan pasar produk pangan lokal umkm dan industri rumah tangga melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Masyarakat Mandiri 5(6): 3465-3475

Yasir JR, Ilham, Padli K. 2022. Pengaruh modal, digitalisasi informasi dan kreativitas terhadap peningkatan daya saing usaha mikro kecil menengah di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Journal of Islamic and Business 4(1): 23-36. DOI: 10.2456

Yuana A. G., Yuliana I., dan Suprayitno E. 2021. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pendekatan one village one product (OVOP). Ar-Ribhu: Jurnal Menajemen dan Keuangan Syariah 2 (2): 278-288




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2023.9.2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Applied Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.