Training On Soap Making For Student At Ar-Rohmah Islamic Boarding School, Sumbersekar - Dau, Malang

Ni'matul Izza, Shinta Rosalia Dewi, Angky Wahyu Putranto, Dina Wahyu Indriani, Bambang Dwi Argo

Abstract


ABSTRAK

Sabun memegang peranan penting dalam upaya menggalakkan budaya hidup bersih dan sehat pada masyarakat. Bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun cukup sederhana dan banyak tersedia di pasaran dengan harga yang relatif murah. Proses pembuatan Sabun juga sangat sederhana, peralatan yang digunakan mudah ditemukan dan dapat diaplikasikan dalam produksi sekala kecil. Pondok Pesantren Ar-Rohmah putri merupakan pondok pesantren yang berada di Kabupaten Malang tepatnya di daerah Sumbersekar Kecamatan Dau.  Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan tentang konsep wirausaha dan proses pembuatan sabun. Evaluasi kegiatan oleh peserta juga menunjukkan hasil yang baik tentang kepuasan peserta dalam segala aspek dalam kegiatan ini.

Keywords


Training, Soap, Ar-Rohmah Islamic Boarding School

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan, 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS 2013). Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan: KEMENKES RI.

Dinas Kesehatan Jawa Timur, 2012. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Dinkes JATIM.

Nata, I. F., Ma’rifah, Y. N., Herlina., 2014. Minyak Kulit Jeruk Pakis sebagai Essential Oil Dalam Pembuatan Sabun: Ekstraksi Dan Karakterisasi. Konversi. Vol 3 (2). Hal 30-36

Chan, A., 2016. Formulasi Sediaan Sabun Mandi Padat dari Ekstrak Buah Apel (Malus domesticus) sebagai Sabun Kecantikan Kulit. Jurnal Ilmiah Manuntung. Vol. 2 (1). Hal. 51-55

Sumiran, R.E., Maramis, F.R.R., Palealu, F.J.O., 2017. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah di Sd ADVENT 01 Tikala, Manado. Kesmas. Vol. 6 (3). Hal 1-11.

Palilu, H.Pandelaki, A.J., Kandou, G.D., 2015. Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Pegawai Di Kantor Dinas Kesehatan Kota Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik. Vol. 3 (2). Hal 99-107.

Widyasanti A., Putri, S.H., Dwiratna, S.N.P., 2016. Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Sabun Berbasis Komoditas Lokal Di Kecamatan Sukamantri Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol. 5 (1). Hal. 29-33.

Susanti, E., Susilowati, E., 2016. Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi Sabun dan Deterjen. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat. Vol. 6 (1). Hal. 87-96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Innovation and Applied Technology