Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Hutan Pendidikan Melalui Peningkatan Nilai Tambah Produk Olahan Komoditas Lokal Di Kampung Sumberwangi Donowarih Kabupaten Malang

Wendra Gandhatyasri Rohmah

Abstract


Indonesia memiliki banyak potensi dalam bidang wisata di setiap wilayahnya, salah satunya adalah Perkampungan Sumberwangi yang berada di Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Salah satu elemen masyarakat Perkampungan Sumberwangi yang potensial dikembangkan adalah kelompok Karang Taruna, melalui kegiatan peningkatan ketrampilan berbasis potensi unggulan kampong Sumberwangi berupa ketrampilan produksi keripik umbi-umbian. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengembangkan potensi agrowisata perkampungan Sumberwangi melalui diklat (pendidikan dan Pelatihan) guna meningkatkan ketrampilan anggota Karang Taruna melalui pembuatan keripik umbi-umbian. Keripik yang diproduksi diantaranya keripik ubi kayu (singkong dan keripik talas (mbote). Target luaran yang telah dicapai adalah terbentuknya kelembagaan Karang Taruna Sumberwangi yang mampu mendukung program peningkatan keterampilan anggota dalam pengembangan ekonomi di Kampung Sumberwangi dalam hal produksi keripik umbi-umbian, serta meningkatnya jejaring kerjasama anggota Karang Taruna Sumberwangi dengan pihak luar, khususnya bidang pemasaran produk keripik yang dihasilkan oleh Karang Taruna Sumberwangi

Keywords


Keripik, Ubi Kayu, Talas, Produksi, Pengemasan, Karang Taruna, Pengabdian Masyarakat

References


Agustiar. 2012. Analisis Produksi Optimum pada Industri Keripik Singkong (Studi Kasus pada Industri Keripik Singkong Rajawali di Desa Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia 16 (3) : 209-217.

Direktorat Jendral Pembangunan dan Pem-berdayaan Masyarakat Desa. 2015. Indonesia Memiliki 150 Desa Wisata. ditjenppmd.kemendesa.go.id. Diakses pada 01 November 2018.

Kaihatu, T. S. 2014. Manajemen Penge-masan. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Koswara, S. 2014. Teknologi Pengolahan Umbi-Umbian. Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center. Bogor.

Nofrianti, R. 2013. Metode Freeze Drying Bikin Keripik Makin Crunchy. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 2 (1) : vi.

Nurvia, A. E., Yustina, I. dan Yuniarti. 2011. Pengaruh Perlakuan Perendaman Ubi Talas terhadap Sifat Kimia dan Sensoris Keripik. Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Tanaman Aneka Kacang dan Umbi : 810-816.

Rahman, A. 2010. Strategi Dahsyat Mar-keting Mix for Small Business: Cara Jitu Merontokkan Pesaing. TransMedia Pustaka. Jakarta.

Rukmana, H. R. 2001. Aneka Keripik Umbi. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2020.005.02.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Innovation and Applied Technology